Tutorial membuat blog gratis dengan blogspot

Hai, kali ini saya akan bahas bagaimana cara membuat blog gratis dengan blogspot. Ini dikhususkan bagi teman-teman yang baru mau memulai menjadi blogger. Blog adalah media kita untuk menulis atau membagikan beragam informasi yang akan membatu orang-orang dan akan muncul di pencarian. Aktivitas ngeblog bisa merupakan hobi atau bisa menjadi sumber penghasilan juga loh. Dari mana kita mendapat penghasilan? bisa dengan banyak cara, yaitu dengan menjual atau mempromokan produk milik kita atau oranglain sehingga bisa diketahui banyak orang. Bisa dengan pasang iklan seperti adsense, posting produk afiliasi seperti amazon dll. Malah jika visitor (pengunjung) blog kita banyak, bisa jadi kita menyediakan spot iklan khusus bagi orang yang akan mempromokan produknya di blog kita. Oke kita mulai aja, darimana dulu kalau kita mau memmbuat blog dalam hal ini pakai blogspot. Kunjungi blogspot kemudian klik BUAT BLOG



 Setelah itu muncul halaman login google, masukan alamat email (gmail) kita kemudian password. Kamu akan diarahkan ke halaman dibawah ini, masukkan Nama tampilan kemudian klik Lanjutkan ke Bloger




 Setelah mengisi nama tampilan, kemudian klik Buat Blog




 Akan muncul pop up buat blog. Masukkan Judul blog dan alamat blog, pastikan alamat blog tersedia ya. Pilih tema default dulu (nantinya ini akan bisa diubah dan disesuaikan). Setelah diisi lengkap semua klik Buat blog!

Nah, kamu berhasil membuat blog, tampilannya kurang lebih seperti ini. Di sidebar terdapat menu utama blog yaitu:
 


  1. Postingan : Terdapat list tulisan yang kita buat, dan bisa menambahkan atau mengedit tulisan kita. Artikel-artikel kita nantinya akan di masukan ke list postingan ini tentunya.
  2. Statistik : Informasi statistik seperti jumlah follower blog, jumlah pengunjung, jumlah postingan. Nanti akan ada grafik dan list postingan beserta jumlah penayangan (seberapa kali dilihat)
  3. Komentar : di sini adalah list komentar orang ke postingan kamu, kamu bisa set untuk menonaktifkan komentar nantinya. kemudian bisa juga tetap ada fitur komentar dipostingan kita tapi nantinya akan kita moderasi dulu (kita pilih mana komentar yang akan ditampilkan, atau tidak)
  4. Penghasilan : Sebenarnya untuk blog baru belum ada menu ini, menu penghasilan akan ada jika kita sudah mengintegrasikan blog kita dengan akun adsense (untuk adsense akan kita pelajari terpisah nantinya)
  5. Halaman : Halaman itu kurang lebih seperti tulisan tapi bisa static, bukan berupa postingan. Tapi halaman juga bisa kita isi postingan. Contoh halaman itu seperti Contact Us, About, Privacy Policy, dll. Halaman itu tidak sebanyak postingan tentunya, karena artikel kita tulis di postingan.
  6. Tata Letak : Disini kita bisa merubah layout atau tata letak web seperti menambahkan header, menambahkan widget tertentu (nanti akan dibahas terpisah)
  7. Tema : Tema ini bisa dikatakan tampilan blog kita, ketika pertama membuat blog kita pakai tema bawaan, nah karena tema itu beragam sekali jenisnya kita bisa sesuaikan dengan yang kita sukai, tapi ingat untuk pemilihan tema tidak sembarangan, usahakan yang responsive (tidak berantakan di hp maupun di pc) kemudian seo friendly dan yang penting adalah kecepatan loadingnya. Tema yang ringan dan clean lebih membuat pengunjung lebih nyaman.
  8. Setelan : disini tempat kita mengatur judul blog, bahasa, import atau export postingan dan banyak lagi.
Nanti lanjut ke part 2 untuk menyesuaikan setingan, tampilan dan lainnya. Jika masih bingung bisa ditanyakan lewat komentar.

0 Response to "Tutorial membuat blog gratis dengan blogspot"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel