Mengobati Bibir Gatal Luka di Ujung Gatal Tak Sembuh

Hi teman, kali ini aku mau share pengalaman lagi. Ini berkenaan dengan permasalahan yang udah lama banget aku alamin. Yaitu luka dibibir dan diujung sudut bibir, lama-lama makin melebar. Karena kebiasaan suka mocelin bibir, sampe ga ada yang bisa dipocel 😂.

Itu lukanya itu susah kering dan terus berulang, apalagi karena kuku aku ga bsa diem meletekin semua. Alhasil lukanya makin melebar. Biasanya juga suka sembuh sih bibir jadi normal lagi, tapi kadang kumat lagi dan kalau udah kumat lama sembuhnya malah melebar kemana-mana.

Bagi temen-temen yang punya masalah serupa kayak aku pastinya bikin kita ga nyaman dan ga pede, lipstik pun ga bisa nutup ( ya kali pake lipstik sampe keluar zona bibir ntar kayak joker 🤡 ). Sekedar cerita, dulu aku sampe disebut Bikero (Bibir Kering Kerontang) sama Bimero (Bibir merah merona) dan ini merah merona bukan karena lipstik atau semacamnya tapi karena alergi wkwk.

Nah karena ga tahan dengan kondisi berulang itu aku akhirnya konsul ke spesialis kulit dan kelamin via halodoc. Disitu aku konsultasi buat sakit alergi dingin aku (kaligata) dan katanya kalau kaligata emang obatnya ctm sama cetirizine, dan intinya harus ngehindari faktor alergi. Ga puas sama jawaban itu, akhirnya aku sekalian aja konsul masalah bibir aku ini.

Kata dokter bilang itu infeksi jamur bibirnya, kemudian disarankan buat minum obat yang diresepkan yaitu Itraconazole 100 mg kapsul (isi zat aktifnya ketoconazole) obat ini harus resep dokter dan termasuk obat keras dan terbatas penggunaanya. Aku waktu itu dikasi resep 1 strip dan harganya mahal dibanding ketoconazole yang generic 😭 (ya ealah) itu satu strip harganya 60-90ribu tergantung apoteknya. Dan meski habis, kalau punya riwayat maag diminum setelah makan.

Setelah itu resep lainnya adalak Kenalog in Orabase yang isinya Triamicinolone acetonide. Salep ini dipakai tipis-tipis ke area luka setelah mandi, sehari 2 kali.

Nah dan betapa senangnya ga perlu nunggu sampai habis. Luka di bibir kering semua. Yang sebelumnya luka tiada akhir :D. Ini hasil 3 hari minum obat dan dioles salep

itu yang merah2 bukan lukanya tapi bekas liptint :D

dan ini setelah 5 hari
Emang sih yang ujung bibir ga langsung ilang, tapi seengganya ga luka sama ga kering. Kalau rajin pake salepnya pasti bakal kembali lagi normal.

Semoga tulisan ini bisa membantu temen-temen ya, terutama yang punya masalah bibir kayak aku. Jangan lupa subscribe youtube aku ya : uninae 

0 Response to "Mengobati Bibir Gatal Luka di Ujung Gatal Tak Sembuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel