Cara dan Tips Menghemat Baterai Android

Cara dan Tips Menghemat Baterai Android

Cara dan Tips Menghemat Baterai Android - 2020. Banyak sekali user smartphone menggunakan OS Android untuk hpnyam android memberikan kemudahan dan manfaat yang sangat banyak sehingga wajar jika smartphone ketahanan baterainya tidak sekuat hp jadul seperti nokia jadul :D. Karena banyaknya aplikasi dan sistem yang berjalan tentu akan sangat mudah baterai habis terutama jika menjalankan aplikasi yang berat seperti game-game PUBG atau Mobile Legends dan semacamnya. Banyak tentunya aplikasi yang bisa digunakan di android seperti game, aplikasi chat, sosmed, kirim foto atau aplikasi video call dan banyak lagi.

Nah berikut ini adalah cara yang bisa digunakan agar baterai android awet dan tidak cepat drop. yang utama adalah sambungan internet, pernah merasa apabila sinyal imternet lemah atau tidak ada maka hape akan cepat panas dan baterai cepat habis? karena hp akan berusaha mencari sinyal sebisa mungkin dan bekerja extra. Hp dengan internet yang dimatikan tentunya akan lebih hemat baterai dibanding dengan y ang terus terhubung terlebih jika sinyal kurang. Selain itu banyak aplikasi yang melakukan sinkronisasi dibelakang layar tanpa kita tau dan hal itu juga mempengaruhi ketahanan baterai.

Langkah untuk hemat baterai

  1. Perhatikan sinyal
    sinyal yang tidak stabil akan membuat baterai cepat habis, pernah ketika jaringan 4G mengalami gangguan maka baterai akan lebih baik menggunakan 3G. Jika koneksi lemah bahkan menghilang lebih baik matikan sambungan internet. Jika anda bepergian namun sinyal buruk anda bisa menonaktifkan layanan sim, seperti yang dijelaskan sebelumnya. Jika ponsel kesulitan mendapatkan sinyal maka ponsel tersebut akan bekerja extra dan tentunya hal ini akan membuat hp cepat panas dan baterainya berkurang banyak.

  2. Matikan GPS jika tidak digunakan
    Jika tidak ada keperluan menggunakan gps misalnya tidak menggunakan aplikasi gmaps atau order gojek misalnya. penggunaan GPS lebih baik dimatikan. GPS yang terus menerus ON akan membuat baterai cepat habis.

  3. Atur screen brightness atau kecerahan warna layar
    Nah ini hal yang tidak kalah penting, atur cahaya layar dengan bijak jangan terlalu full karena selain merusak mata dan membuat mata cepat lelah, layar yang terlalu terang bisa membuat baterai cepat habis. Jika settingan masih auto ganti menjadi manual.
  4. Bijak Install dan Menggunakan aplikasi
  5. Aplikasi yang terlalu banyak akan memakan memori dan membuat hp cepat lambat jika dijalankan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan. Banyak aplikasi yang saat kita keluar aplikasi tersebut masih berjalan dibelakang layar dan menghabiskan baterai. Banyak juga aplikasi yang autostart saat kita menyalakan hp, jadi aplikasi akan terus ON sehingga dapat mengirim notifikasi dll. Bijak menggunakan aplikasi tentunya akan membuat baterai hp awet.
Sekian cara dan tips menghemat baterai semoga bisa bermanfaat. Jika ada yang ditanyakan silahkan di kolom komentar ya :)

0 Response to "Cara dan Tips Menghemat Baterai Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel