Penetapan Susut Pengeringan Pada Bahan Baku Farmasi


Assalamualaikum

Setelah sebelumnya pernah nulis di blog nhinstein.wordpress.com mengenai kimia, sekarang nulisnya pindah lapak kesini. Kali ini saya akan bahas mengenai Penetapan Susut Pengeringan Pada Bahan Baku Farmasi

Oke, pada analisa di lab farmasi, salahsatu pemeriksaannya adalah pemeriksaan bahan baku. Dan pemeriksaan bahan baku juga ada banyak lagi terpecah menjadi pemeriksaan fisik, kimia dan lain-lain tergantung jenis produk yang diperiksa. Nah salahsatu pemeriksaannya adalah pemeriksaan susut pengeringan atau disebut juga LOD ( Loss On Drying).

Prinsipnya adalah kita menghitung jumlah zat yang menghilang atau menguap pada temperatur tertentu (biasanya 105 derajat celcius).

Pertama panaskan dulu oven yang suhunya sudah diset sesuai protap pemeriksaan bahan baku yang akan dianalisi. Masukkan cawan kosong, dan panaskan kurang lebih 60 menit, setelah itu keluarkan sebentar dan masukkan ke dalam desicator, setelah dingin timbang dengan neraca hingga diperoleh berat yang stabil. Lakukan hal ini hingga diperoleh berat cawan yang konstan.

Masukkan sejumlah sampel bahan baku yang akan diperiksa LOD nya. Masukkan kembali ke dalam oven dan panaskan 2-4 jam (tergantung jenis bahan) setelah itu keluarkan, dan masukkan ke desicator dan kalau sudah dingin timbang kembali.

Maka akan diperoleh kadar LOD dalam sampel

misal :
a = berat cawan kosong + sampel sebelum pemanasan
b = berat cawan kosong + sampel setelah pemanasan
c = berat sampel

% LOD = [(a-b)/c] x 100

Selain cara diatas, pemeriksaan LOD juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat Moisture Analyzer, namun biasanya Moisture Analyzer digunakan untuk cek kadar air pada granul, atau saat sedang proses produksi obat dll.

Sekian ya share tentang Penetapan Susut Pengeringan Pada Bahan Baku Farmasi, mohon maaf bila ada kesalahan, tolong untuk dikoreksi :) see you di post berikutnya.

0 Response to "Penetapan Susut Pengeringan Pada Bahan Baku Farmasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel