Cara atasi error pada Grub Ubuntu no such partition grub rescue

Berhubung di tempat kerja saya menggunakan Linux, dan semenjak menjadi programmer Linux merupakan OS yang banyak diminati, meski mungkin ada beberapa fitur yang tidak bisa di jalankan di Linux, karena banyak juga aplikasi yang hanya support di windows sehingga tidak bisa install di linux. Tapi kenyamanan ngoding di Linux terutama lebih banyak main di "terminal" hhe. Tulisan kali ini adalah Cara atasi error pada Grub Ubuntu no such partition grub rescue.

Saya share masalah ini, karena pernah sewaktu-waktu install dual boot di laptop tujuannya Linux untuk kerja, dan windows untuk Dota 2 dan ngoding game. Meski ujung-ujungnya full pakai Linux karena lumayan memakan memori jika intall windows + linux. Nah ketika proses install tidak sengaja saya buat kesalahan sehingga tidak bisa masuk ke dua-duanya entah itu Linux atau Window karena layar untuk mengarahkan ke OS nya rusak entah aku apain waktu itu. Namun pakai kode tertentu akhirnya saya bisa masuk ke windows. Nah apa erornya saai itu muncul tulisan error : no such partition grub rescue. Seharian penuh eror grub dan cari-cari ga nemu solusinya tetap error, stackoverflow terkait grub pun bolak balik aku baca tapi nihil.

Apa itu Grub (Grabd Unified Bootloader) atau tampilan untuk memilih OS saat booting komputer. Nah itunya aku rusak karena install python dengan cara yang salah dang ngotak ngatik 'dalemannya' linux :D. Dan kalau ga salah itu eror juga karena aku coba pindahin partisi dari window ke linux dan caranya salah sehingga kehapus datanya (termasuk data sistem #nangis).

Nah ini cara untuk mengatasi grub error pada ubuntu. Hal yang perlu disiapkan adalah USB live yang berisi OS, koneksi internet, dan boot partition yang tidak terpisah. USB Live yaitu nanti kita bisa memunculkan terminal atau sistem tertentu dari usb itu.

  1. Boot dari USB dan jalankan live Ubuntu. buka terminal dengan CTRL + ALT + T dan masukan kode. sudo su dan fdisk -l (bukan satu ya tapi huruf el :v)
    sudo su
    fdisk -l

  2. Mount partisi
    Lakukan mount partisi root (tempat sistem ubuntu terinstall), ketik perintah ini. sdXX itu lokasi dari partisinya ya didapat dari kode diatas. misal dev/sda4 atau lainnya, XX nya ganti dengan huruf atau angka yang benarnya ya misal sudo mount /dev/sda4.
    sudo mkdir /mnt/temp
    sudo mount /dev/sdXX /mnt/temp

  3. Ubah folder tmp tadi jadi chroot dengan kode dibawah jalankan perbaris ya
    for i in /dev /dev/pts /proc /sys; do sudo mount -B $i /mnt/temp$i;
    sudo cp /etc/resolv.conf /mnt/temp/etc/resolv.conf
    sudo chroot /mnt/temp

  4. Menghapus grub yang error
    apt-get update
    apt-get purge grub-pc grub-common
    Lalu akan muncul kotak dialog, pilih yes dengan tekan tombol tab sampai tulisan yes berwarna merah kemudian tekan enter untuk memilihnya.

  5. Intall ulang grub
    masih dengan dialog, saat ditanya apa akan mengintall grub baru tekan tab dan enter kemudian lanjut dengan tekan tab dan enter. saat memilih device atau partisi jangan pilih di yang partisi huruf 2 misal sda2. cara memilihnya sama ditab tab sampai tanda * berpindah untuk memilih tekan spasi dan enter. selanjutnya install grub dengan perintah
    apt-get install grub-common grub-pc
    update-grub
    exit

  6. Unmount partisi
    for i in /dev/pts /dev /proc /sys; do sudo unmount /mnt/temp$i;

Setelah itu sistem otomatis akan reboot dan grub akan mucul dengan baik-baik saja :D, semoga tutorial ini bisa membantu. Jika ada masalah atau kurang jelas feel free untuk menulis di komentar. sekian tulisan Cara atasi error pada Grub Ubuntu no such partition grub rescue semoga bisa membantu.

0 Response to "Cara atasi error pada Grub Ubuntu no such partition grub rescue"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel