Cara mendaftarkan blog ke situs pencarian Google dan Bing

Hai, kali ini saya mau bahas tentang Cara mendaftarkan blog ke situs pencarian Google dan Bing, agar situs kita mudah diindex atau ditemukan oleh mesin pencari. Hal ini penting dilakukan agar mesin pencari mudah untuk menemukan web dan artikel kita dan jika itu dilakukan maka akan mendatangkan pengunjung ke blog kita. Google Kunjungi halaman google search console login dengan menggunakan akun gmail teman-teman (kalau bisa akun email blogspot, google webmaster dan yang didaftarkan adsense sama ya).

Setelah masuk masukkan alamat blog yang sudah dibuat ke Awalan URL, karena lebih banyak metode verifikasi dan agi kita tidak ada domain khusus alias pake blogger. klik Terus, jika blog dan webmasternya sama emailnya biasanya tidak perlu verifikasi. Tapi jika berbeda kita diharuskan untuk verifikasi alamat dengan cara menambahkan meta tag di html blog kita.


 Nah ini tampilan dashboard google search console, kemudian kita klik Peta Situs atau Sitemap.
 

 Nah kemudian daftarkan sitemap blog teman-teman di Tambahkan peta situs baru, biasanya sitemap itu formatnya urlblog/sitemap.xml jadi kalau nama blognya http://dramapinjol.blogspot.com maka tinggal ditambahkan menjadi http://dramapinjol.com/sitemap.xml jika sudah klik Kirim.
 

 Teman-teman jangan lupa untuk submit link artikel yang baru dibuat ke seacrh console dengan cara paste link artikel ke kotak pencarian. Hal ini akan membuat google diberitahu bahwa ada artikel kita yang perlu diindex lho. Sebenernya tanpa inipun bisa cuma jika blog baru biasanya akan memakan waktu lama  untuk diindex bisa sampai berbulan-bulan tidak diindex google.
 

 Setelah enter url artikel, klik Uji Url Aktif dan akan muncul kotak dialog seperti itu. Dan biasanya tidak bisa langsung diindex tapi masuk ke daftar antrian yang akan di crawl oleh google nantinya. Bing Next kita coba ke Bing, sebenarnya jika dirasa google saja sudah cukup tidak apa, tapi dengan mendaftarkan web kita ke banyak mesin pencarian akan lebih menguntungkan karena pengunjung bisa datang dari search engine selain google dan bing ini termasuk cukup populer.

 

Silahkan pergi ke situs bing webmaster tampilannya seperti diatas kemudian klik Sign in with google, saya menggunakan gmail yang sama dengan webmaster kenapa? karena kita tidak perlu cape-cape lagi submit satu-satu, karena Bing bisa ambil setelan kita dari google webmaster.

 

Setelah login ada pilihan untuk Add a Site, atau import, nah disini pakai saja import karena kita sudah submit blog kita sebelumnya ke webmaster. Setelah klik import nanti kita diminta untuk login dengan google dan klik tombol yang mengizinkan akses bing ke google webmaster kita.

 

Kemudian pilih blog mana saja yang akan kita import dan klik Import.

 

Klik blog yang akan didaftarkan , klik configure my site, dan klik sitemap maka akan diredirect ke bing webmaster sitemap, jika sebelumnya kita berhasil submit sitemap di google webmaster Bing akan otomatis mendetect, namun jika belum ada silahkan klik Submit Sitemap dan tinggal paste url sitemapnya.

 

Setelah itu salin link url artikel ke Url Submission, hal ini sama seperti webmaster juga.dan klik Submit. Nah sekilan cara mendaftarkan blog ke situs pencarian Google dan Bing. Semoga bermanfaat dan jangan sampai terlewat karena hal ini penting agar blog kita bisa dicari oranglain lewat google dan bing.

0 Response to "Cara mendaftarkan blog ke situs pencarian Google dan Bing"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel